Halaman

Translate

Jumat, 10 Juni 2016

Cara Jalan-Jalan ke Jepang Bebas Visa

Pada tulisan kali ini akan di-share mengenai bebas visa bagi warga negara Indonesia yang mau berkunjung ke Jepang.

Dengan harapan dapat meningkatkan kunjungan wisata dan mempererat hubungan Jepang-Indonesia, maka sejak 1 Desember 2014 pemerintah Jepang melalui kedutaan besarnya memberlakukan bebas visa bagi WNI dengan melakukan registrasi pra-keberangkatan.

Ini berita bagus buat budget traveler Indonesia yang ingin ke Jepang karena tidak perlu mengurus VISA dengan kelengkapan dokumen pendukungnya dan ditambah biaya pembuatan VISA tersebut.

Karena itu sebelum keberangkatan ke Jepang kami mendaftarkan pasport ke Kedutaan Jepang. Berikut cara untuk mendapatkan bebas visa Jepang dengan melakukan registrasi pra keberangkatan atau yang dikenal sebagai Visa Waiver:


  1. Datang ke Kedutaan Jepang atau Konsulat-nya pagi-pagi, walaupun bukanya jam 8 pagi tetapi biasanya antreannya panjang.
  2. e-paspor Indonesia dengan chip
  3. Dokumen yang dibawa adalah e-paspor (IC passport) dan formulir aplikasinya (download link dibawah). Pengajuan bebas visa Jepang ini hanya berlaku bagi WNI pemegang e-paspor, bagi pemegang paspor biasa harus mengurus visa seperti biasa. Catatan: pembuatan e-paspor / mengganti paspor biasa menjadi e-paspor di kantor imigrasi memakan waktu 4 hari kerja. 
  4. Proses sangat singkat dan efisien, hanya menyerahkan e-paspor dan formulir apikasi yang sudah diisi, tanpa wawancara dan selanjutnya Kedutaan Jepang yang akan memproses diterima tidaknya pengajuan bebas visa tersebut.
  5. Biaya pembuatan bebas visa ini adalah gratis. Setelah memasukkan dokumen tersebut maka besok siangnya  (2 hari kerja) di dalam e-paspor sudah ditempel bukti registrasi bebas visa oleh kedutaan Jepang dengan ketentuan kunjungan singkat ke Jepang maksimal selama 15 hari per kedatangan dan bebas visa ini berlaku selama 3 tahun.
Visa Waiver Japan Registration di e-paspor


Tunggu apa lagi, daftarkan e-paspor ke Kedutaan Jepang untuk mendapatkan registrasi bebas visa dari kedutaan Jepang dan Welcome to Japan (video di bawah). 

Selamat mencoba Gbu.



Referensi:

Baca juga artikel-artikel dibawah ini (tinggal di klik):

#DicoveryIndonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar